Kamis, 13 November 2008

BEKERJA ADALAH IBADAH


Mengapa banyak orang tidak berusaha untuk mensyukuri apa yang diberikan Tuhan dalam kehidupannya. Gambaran potret perilaku keseharian membuktikan rasa bersyukur ,kata yang gampang diucapkan tapi sulit diterapkan.
Ketika orang mendapatkan kebahagian ,kesejahteraan kata bersyukur selalu diucapkan berulang-ulang tetapi ketika mendapatkan musibah dan kegagalan hanya sumpah serapah menyalahkan keadaan, tanpa semangat dan kekuatan yang pada akhirnya terjerumus pada jurang kekecewaan yang mendalam. Kesadaran bahwa hidup itu mobile , selalu berusaha untuk menggapai cita-cita , kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda ,tak pernah putus asa, merupakan sumber motivasi yang tak pernah padam . Bekerja merupakan sarana untuk hidup, dengan bekerja kita bisa memenuhi kebutuhan dasar kita, mewujudkan karir yang lebih tinggi tetapi ketika mendapatkan suatu kegagalan /tidak sesuai harapan , janganlah menyerah atau memberi stigma negatif bahwa kita tidak mampu ataupun menuduh kepada pihak lain sebagai kambing hitam. Kondisi semacam ini membuat kita menjadi manusia yang minimalis , pasrah terhadap kondisi kehidupan yang ada , tanpa berusaha secara maksimal untuk koreksi diri dan menciptakan suatu perubahan dalam mengembangkan potensi diri . Ketika motivasi itu mulai redup maka bekerja hanya dipakai sebagai kendaraaan untuk sekedar hidup. Suatu realita membuktikan bahwa jabatan dan harta bukan faktor utama dari kesuksesan dan kebahagian , banyak kegagalan dan kehancuran dimulai ketika orang sudah mulai lupa bahwa jabatan dan harta hanya sekedar titipan dari Tuhan . Bekerja berdasarkan nilai ibadah itulah sumber motivasi untuk hidup yang berarti.. Tak perlu banyak menuntut untuk kepentingan pribadi , tapi bekerjalah dengan sepenuh hati .
John F. Kennedy mengatakan bahwa “ Jangan tanya apa yang diberikan negara terhadapmu, tapi tanyalah apa yang telah diberikan terhadap negaramu.”
Inilah yang diperlukan untuk memperkuat kekuatan hati,dengan demikian ,jangkauan dari kehidupan jiwa kita akan berkembang luas , hidup diisi dengan ketenangan dan rasa bersyukur yang mendalam . Motivasi hidup selalu menyala ketika kita tahu bahwa bekerja adalah ibadah, berusaha sebaik mungkin untuk perusahaan dan dimata Tuhan.
Hal ini merupakan pandangan yang sebenarnya dari kehidupan dan percaya bahwa hal ini merupakan kewajiban yang mulia. motivasi hidup tetap menyala karena kebeartian manusia tidak hanya dilihat melalui jabatan dan harta ,tetapi selalu bersyukur terhadap apa yang telah Tuhan berikan baik suka dan duka. (Ade Muharram)

1 komentar:

ichia jasmine mengatakan...

pak kalo kerjaannya chating dikantor termasuk ibadah gak pak? hehehehehehe